Layanan Perpustakaan SMP Negeri 6 Mataram



Pegawai perpustakaan adalah pribadi yang memiliki prinsip melayani sepenuh hati dengan demikian, mereka bekerja dengan tulus agar literasi pemustaka membudaya. Untuk membudayakan literasi pemustaka maka mereka bukanlah penjaga buku, namun memahami buku dengan mengetahui isi dan fungsinya kemudian membantu pemustaka mengetahui manfaat dalam membaca buku tersebut. Pegawai perpustakaan menjalankan visi dan misi perpustakaan agar dapat mengetahui tugas pokok yang akan dicapai. Visi Perpustakaan SMP Negeri 6 Mataram yaitu: Menjadikan Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar Dalam Menunjang Proses Belajar Mengajar Sesuai Perkembangan Kurikulum. Sedangkan Misinya yaitu : Menyelenggarakan layanan perpustakaan bagi masyarakat sekolah secara profesional.
Sistem layanan yang diberlakukan yaitu layanan terbuka (open acces), dengan Jam buka perpustakaan sebagai berikut:
Senin s.d Kamis          : 07.15 - 14.00  wita
Juma’at                        : 07.15 - 11.15  wita
Sabtu                           : 07.15 - 12.30  wita
Keanggotaan terdiri dari Kepala Sekolah,guru, staf karyawan dan siswa – siswi serta  masyarakat sekolah lainnya dapat menjadi anggota perpustakaan dengan mengisi formulir yang tersedia dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Pemustaka dari luar juga dapat meminjam buku dengan ketentuan tertentu. Pemustaka dapat mengisi data untuk mendapatkan layanan lebih lanjut sebelum membaca buku atau meminjam buku.
 
Sirkulasi peminjaman buku merupakan layanan peminjaman dan pengembalian koleksi perpustakaan untuk dibawa pulang.  

Bagi pemustaka yang tidak meminjam buku bisa membaca di ruang baca untuk membudayakan literasi. Pemustaka harus membaca tata tertib di perpustakaan agar dapat menghargai pemustaka lain yang ingin mendapatkan referensi sebgai bahan tugas atau meningkatkan literasi baca-tulis. 

Pemustaka yang kesulitan mencari buku referensi diberikan layanan bimbingan dalam penelusuran informasi yang dibantu oleh sekelompok siswa yang sudah diberi bekal tentang perpustakaan maupun buku di perpustakaan. Mereka adalah para relawan yang memiliki tugas dalam membantu pemustaka yang kesulitan mencari bahan literasi. Mereka juga menjadi teladan dalam mencintai buku sebagai gerbang memperoleh ilmu. 

Perpustakaan di SMP Negeri 6 memiliki salah satu program yaitu wajib kunjung baca yang di koordinir oleh guru mata pelajaran untuk mengembangkan ilmu yang telah di terima. Wajib kunjung baca oleh guru mata pelajaran di beritahukan kepada pegawai perpustakaan untuk mendapatkan layanan yang lebih maksimal dan agar jadwal dapat diatur sedemikian rupa agar dapat bergantian dengan mata pelajaran yang lain.

Untuk meningkatkan pelayanan sepenuh hati dan menerapkan visi dan misi maka perlu adanya evaluasi terhadap data pengunjung, data peminjam buku fiksi dan non fiksi maupun kegiatan lainnya maka diadakan pertemuan rutin untuk membahas masalah tentang perpustakaan dan solusinya.

Perpustakaan SMP Negeri 6 Mataram juga bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk menerima mahasiswa yang mengadakan kuliah kerja lapangan, dengan demikian mahasiswa dapat mendapatkan ilmu tambahan dari perpustakaan SMP Negeri 6 Mataram sehingga mahasiswa tersebut juga dapat menerapkan ilmunya yang diterima di perkuliahannya dengan harapan ketika lulus dari perkuliahan sudah mendapatkan pengalaman dalam mengelola perpustakaan.

Share on Google Plus

About admin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 Comments:

Posting Komentar