EMPAT MAHASISWA UNESA JALANI KEGIATAN PKKM DI SMP NEGERI 6 MATARAM


smpn6mataram.sch.id, MATARAM (12/10/2023) – Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan Kemendikbudristek Republik Indonesia memberikan warna baru bagi dunia pendidikan tinggi. Program-program yang diluncurkan membebaskan mahasiswa mengikuti kegiatan belajar di luar bangku kuliah atau bahkan di luar disiplin ilmu. Salah Satu program yang digagas ialah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), program ini dirancang untuk mendorong, memfasilitasi, serta mempercepat perguruan tinggi dalam menerapkan MBKM serta mencapai delapan Indikator Kinerja Utama (IKU). Dalam program Kemendikbudristek tersebut, Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) mengembangkan skema Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) menjadi EKSIM, EKRM, dan EKM2D. 

Pada pelaksanaannya, mahasiswa semester 7 yang diterjunkan di SMPN 6 Mataram, difokuskan pada skema EKRM dan EKSIM. Ekstensifikasi Kapasitas Riset Mahasiswa (EKRM) merupakan kegiatan yang terkonsentrasi pada Magang Riset dan Ekstensifikasi Kapasitas Studi Independen Mahasiswa (EKSIM) terkonsentrasi pada kegiatan Studi Independen. Program dengan sumber dana yang berasal dari Prodi Manajemen Pendidikan dan  bantuan hibah dari Kemendikbudristek tersebut, dilaksanakan selama tiga bulan, mulai 11 September hingga 15 Desember 2023. Output dari pelaksanaan program ini diharapkan mahasiswa dapat menghasilkan laporan hasil penelitian berupa skripsi dan artikel yang dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional bereputasi pada akhir sub aktivitas magang.

Adapun mahasiswa yang diterjunkan di SMPN 6 Mataram adalah mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Pendidikan UNESA angkatan 2020 di antaranya Adella Khusnul Masulla, Aurellia Salsabila Wynne Nissa, Sofia Nur Fazira, dan Syahfiria Yulian Saputri. Aktivitas mahasiswa yang dilakukan dalam kegiatan PKKM ini adalah magang riset. Tidak hanya berkecimpung dalam riset saja, namun mahasiswa juga melakukan aktivitas magang manajemen pendidikan dalam lembaga yang ditempati. Adapun proporsi kegiatannya adalah 70% riset dan 30% magang manajamen. Kegiatan riset mahasiswa dibebaskan untuk memilih objek penelitiannya baik dilakukan dalam lembaga maupun luar lembaga penempatan. Untuk kegiatan magang manajamen pendidikan dilakukan dalam bentuk magang di beberapa substansi seperti Kurikulum, Perpustakaan dan Ketatausahaan. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada bidang kurikulum yaitu: sebagai panitia pelaksana STS ganjil 2023/2024, membantu menyusun program kerja pada setiap bidang-bidang wakil kepala sekolah meliputi waka kurikulum, waka kesiswaan, waka humas, waka sarpras, ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW maupun literasi yang dilaksanakan setiap pagi, membantu penyusunan laporan STS dan laporan ANBK 2023. Selanjutnya pada bidang Perpustakaan mahasiswa membantu dalam pengelolaan pengadaaan dan penataan buku perpustakaan, membantu input data keanggotaan perpustakaan dan berpartisipasi dalam pengolahan website perpustakaan. Mahasiswa juga akan berkegiatan pada bidang ketatausahaan untuk membantu administrasi sekolah di SMPN 6 Mataram.

Mahasiswa yang terlibat dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) memberikan dampak positif bagi SMPN 6 Mataram. Salah satunya adalah kontribusi mahasiswa dalam manajemen pendidikan sekolah pada berbagai aspek. Keterlibatan tersebut membantu meningkatkan efisiensi operasional sekolah. Sementara itu, dalam aspek pengembangan diri, mahasiswa mendapatkan pengalaman praktis yang berharga untuk mengaplikasikan pengetahuan akademik di lapangan. Selain itu, kemampuan interpersonal, manajemen waktu, kerja tim, dan komunikasi mahasiswa juga akan meningkat melalui berbagai tugas yang dilakukan selama program berlangsung. Harapannya, program ini akan memperkuat hubungan antar lembaga yakni UNESA dan SMPN 6 Mataram sebagai mitra dan membawa manfaat jangka panjang bagi kedua belah pihak dalam hal pengembangan pendidikan. Program ini juga diharapkan dapat menjadi model yang sukses dan diadopsi oleh lebih banyak lembaga pendidikan lain yang akan memiliki dampak yang lebih besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan nasional.


Penulis : Adella Khusnul, Aurellia Salsabila, Sofia Nur, dan Syahfiria Yulian

Foto : Dokumentasi Tim PKKM UNESA

Share on Google Plus

About SPENA@nas

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 Comments:

Posting Komentar